Kamis, 22 Desember 2011

Pesona Dataran Tinggi Dieng

 

Dieng, nama yang sudah tidak asing lagi di telinga anda. Dieng adalah dataran tinggi di Jawa Tengah yang masuk wilayah kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Nama Dieng diambil dari bahasa Kawi "Di" dan "Hyang". "Di" berarti tempat, "Hyang" berarti dewa. Dengan demikian, Dieng berarti tempat bersemayam para dewa. Hal ini pantas karena letak geografisnya yang berada di ketinggian 2000m diatas permukaan laut. Apalagi daerah ini sering diselimuti kabut. Suhu berkisar 15—20 °C di siang hari dan 10 °C di malam hari. Pada bulan Juli dan Agustus, suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkan embun beku atau bahkan hujan es. Sungguh negeri di atas awan.

Dieng memiliki beberapa objek wisata, seperti Telaga Warna, Telaga Pengilon, Kawah Sikidang, Dieng Plateu Theater, Kompleks Candi Dieng, Goa Jaran, Goa Semar, Goa Sumur, Museum Dieng Kailasa, Bukit Sikunir, dll. Selain objek wisata, wisata kuliner juga tidak kalah menarik. Ada Carica, Purwaceng, Kentang Ungu, dll.

Berikut ini adalah beberapa foto objek wisata dan kuliner Dieng

1. Telaga Warna


2. Telaga Pengilon


3. Kompleks Candi Dieng

 4. Sunrise Bukit Sikunir

5. Kawah Sikidang

6. Carica

 7. Kacang Dieng

 8. Purwaceng

 9. Kacang Dieng

 10. Kentang Ungu

Terima kasih telah membaca goresan saya. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan jangan meninggalkan sampah sembarangan. ^_^
SALAM TRAVELING!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar