Rabu, 11 Januari 2012

TIPS BUAT JADI BACKPACKER


Ingin jalan-jalan seru dengan biaya terjangkau? Ingin punya pengalaman seru? Bosan dengan agenda travelling anda? Kenapa anda tidak mencoba menjadi backpacker? Cobalah pengalaman baru dengan perbekalan seadanya ala backpacker. Travelling ala backpacker memang berisiko lebih besar dari cara berpergian pada umumnya. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui hal-hal yang dibutuhkan backpacker.

  
    1.  Melakukan riset pada tempat tujuan
Carilah informasi sebanyak mungkin dari tempat tujuan. Mulai dari denah lokasi sampai kondisi cuaca. Hal ini mutlak dilakukan bagi para backpacker, karena tempat asing akan terasa seperti hutan belantara, dimana kita tidak tahu dimana utara dan selatan. Pelajari juga sedikit budaya masyarakat setempat, terutama bahasa. Ini akan sangat membantu dalam komunikasi dengan warga setempat. Anda akan dengan mudah mendapat informasi dari daerah tersebut dengan komunikasi, atau bahkan anda bisa mendapatkan makanan gratis maupun penginapan. Agar lebih mudah, cobalah untuk berkomunikasi dengan komunitas backpacker setempat.

    2.  Menyusun rencana
Sangat penting bagi backpackers untuk menyusun rencana perjalanan ke tempat tujuan wisata. Cara mudahnya adalah dengan menyalin itinerary dari paket wisata yang ditawarkan paket tour n travel. Membaca catatan perjalanan orang yang sudah mengunjungi tempat yang dituju juga sangat direkomendasikan. Pengalaman orang lain tersebut akan menjadi pedoman bagi kita untuk menentukan “Do & Don’t” selama perjalanan. Kita tidak harus mutlak mengikuti cara perjalanan orang lain, buatlah kreasi perjalanan anda sendiri. Buku pedoman perjalanan seperti lonely planet juga akan membantu penyusunan rencana perjalanan. Sebelum memutuskan melakukan perjalanan, ada baiknya anda mengetahui sedang musim apa daerah yang anda tuju pada waktu yang anda rencanakan. mengetahui budaya setempat juga akan membantu anda menyesuaikan diri.

    3.  Booking tempat penginapan
Tempat penginapan bagi backpacker adalah tempat untuk menitipkan barang dan beristirahat sejenak. Backpacker tidak selalu harus meninggalkan kenyamanan hotel bintang lima dengan tidur di hotel “pasti pas”(Baca: SPBU). Sesuaikanlah tempat menginap dengan hotel.

    4.  Mengajak teman
Saat backpacking, akan lebih seru jika Anda mengajak dua atau tiga teman. Selain bisa seseruan bersama, pengalaman yang didapat akan lebih menarik dan tentunya Anda tidak akan sendirian saat tersesat di daerah antah berantah.

    5.  Beranilah dalam mengambil resiko
Seorang wanita asal Indonesia pernah pergi keliling negara-negara Eropa selama sebulan hanya dengan 1000 US Dollar dengan cara backpacker. Modal yang paling penting adalah nekat dan keberanian. Anda hanya perlu untuk mencobanya, dan setelah itu pasti ketagihan. Lao Tzu pernah berkata, perjalanan sejauh 1000 mil dimulai dengan langkah pertama. Maka lakukanlah langkah pertama itu.

    6.  Perlengkapan yang dibutuhkan
Sesuai dengan namanya, tas ransel merupakan senjata utama bagi backpacker. Namun anda juga bisa membawa koper apabila perjalanan tersebut jauh dan memakan waktu yang cukup lama. Bawalah makanan secukupnya. Gunakan pula pakaian yang mudah kering. Sesuaikan bawaan anda dengan cuaca dan kondisi alam tersebut. Jangan sampai anda membawa jaket tebal untuk pergi ke pantai. Dan jangan lupa untuk membawa kamera. Anda akan menemukan banyak hal yang dapat anda ceritakan ke teman anda.


Nah, anda tertarik untuk menjadi backpacker? Cobalah untuk mulai melangkah dari sekarang.

Terima kasih telah membaca goresan saya. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan jangan meninggalkan sampah sembarangan. ^_^
SALAM TRAVELING!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar